Kamis, 27 Agustus 2009

cara membuat chat box di blog/ website

situs ini menyediakan widgets untuk membuat chat box di website/ blog anda. jadi pengunjung yang online dapat langsung menulis komentarnya di chat box tersebut. anda bisa langsung chating secara online di chat box nya. dan lebih mudah dalam memberi komentar sebuah website ataou blog. sekaligus untuk mempromosikan website/ blog anda dengan mudah.contoh gambarnya:

chating box shoutmix

1. Langkah pertama adalah anda harus login ke situs ShotMix di www.shoutmix.com



2. Pada jendela ShoutMix setelah anda masuk ke situs ShoutMix ini (lihat gambar di atas), klik pada tulisan ” CREATE YOUR SHOUTBOX NOW” (lihat lingkaran merah no. 2).

3. Anda akan dibawa pada jendela baru seperti di bawah. Isi seluruh kolom yang diminta (kotak merah 1), klik pada kotak merah 2 sebagai tanda setuju dengan ketentuan yang pemilik situs ShoutMix ini tetapkan, dan klik pada tulisan ” Continue” (kotak merah 2).



4. Selanjutnya anda diminta memilih style shoutmix yang anda inginkan. Ada 5 jenis style, dan anda perlu memberi pilihan dengan mengklik pada kotak yang ditunjukan pada tanda kotak merah 1, kemudian lanjutkan dengan mengklik tulisan “Continue” (kotak merah 2) untuk melanjutkan. Lihat gambar di bawah.



5. Di sini anda selesai untuk membuat account di ShoutMix dan memilih jenis tampilan shoutmix yang akan anda letakan di blog anda (lihat gambar bawah). Untuk mendapatkan kode shoutmix sehingga dapat ditambilkan di blog anda perlu masuk ke jendela control panel dengan cara klik pada tulisan “go to my control panel now” (lihat kotak merah).



6. Pada jendela baru (lihat gambar bawah), klik pada tulisan ” Get Code ” (kotak merah) untuk mendapatkan kode html dari shoutmix anda.



7. Pada jendela baru seperti di bawah, anda akan dilihatkan ukuran dari ShoutMix yang nantinya akan ditampilkan pada blog anda (lihat kotak merah 1). Selanjutnya anda harus mengcopy seluruh kode yang berada di kotak di bawahnya (lihat kotak merah 2). Seperti biasa anda dapat mengcopy dengan mengeblok seluruh tulisan kode dan ketik “Ctrl+C”.



8. Pekerjaan di situs ShoutMix selesai. Sekarang buka blog wordpress atau blogdetik anda atau untuk mesin blog lain mungkin hampir sama. Masuk menu tampilan/design, klik “Widget”. Tambahkan sebuah widget “Text” dengan cara tarik dari lokasi widget dan tempatkan pada lokasi widget pada Sidebar yang anda inginkan (drag & drop).

9. Widget “Text” yang sudah ada pada loaksi sidebar harus anda edit dengan cara mengklik pada wideget tersebut (lihat kotak merah 1). Pada kolom judul teks anda bisa isi dengan judul shoutmix yang anda inginkan, misal “Tulis Pesan Di Sini” (lihat kotak merah 2). Kemudian pada bagian isi text, anda harus masukan kode yang telah didapat dari situs ShoutMix dengan cara ketikan “Ctrl+V” /Paste (lihat hasilnya seperti pada kotak merah 3). Selanjutnya anda simpan perubahan widget ini dengan mengklik “Simpan Perubahan”.

9. Lihat hasilnya pada situs blog anda.



©blog.uad.ac.id


artikel lainya:
cara pasang script alert di blog anda
cara mengetahui pengunjung website
cara mempercepat koneksi internet mozilla firefox
gambar gambar lucu

20 komentar:

  1. yang aku perlukan tuh kotak komentar yang berjajar ke bawah itu lho om....seperti ada kotaknya...susah aku carinya

    BalasHapus
  2. BAGAIMANA CARA MEMBUAT TAMPILAN HURUF BERGARAK DI BAGIAN BAWAH HALAMAN?

    BalasHapus
  3. Wew makasih mas infonya, tapi kalo pengen buat situ cjatingan gimana ya hehehehe :p

    BalasHapus
  4. kurang jelas pakde.....
    soale aku daftare eror mulu
    wah............ belum bisa juga ne
    gagal maning gagal maning

    BalasHapus
  5. Aku coba ko ngga jadi2 ya mas. Apa ada yang salah?

    BalasHapus
  6. Wah lam kenal kabeh tapi nek shoumix gw dah punya yg gw cari gimana cara bikin kotak komentar pake kode html sendiri buat di pasang di site aku jan lupa mampir ya ke blog aku
    thank

    BalasHapus
  7. makasih banyak om atas info nya . .
    nich info yang saya cari, saya gagal trus klo bikin mudah"an sekarang bisa berhasil . .

    meluncur ke tkp

    BalasHapus
  8. Ikutan belajar ni bos...cara merubah background chat bagai mana ya??

    BalasHapus
  9. maksih y..
    q jd bisa,
    g susah..hahaha

    BalasHapus
  10. kok eror yaaa mas....

    BalasHapus
  11. Thanks pengetahuannya, berguna banget, langsung praktek, mampir blog ku ya.. http://itsmerisya.blogspot.com

    BalasHapus
  12. shoutmix udh ga gratis lg om, coba pake yg ini

    http://yottabaca.blogspot.com/2012/01/cara-membuat-chat-box-di-blog-dengan.html

    BalasHapus
  13. nice post gan.
    kunjungi blog gue ya.
    banyak software easytodownload

    BalasHapus